Rabu, 17 Oktober 2012

KOMUNIKASI DALAM PRESENTASI

Komunikasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu :
            Communicare : memberitahu
            Communis       : milik bersama, laku dimana – mana.
Jadi komunikasi adalah penyampaian informasi, ide, emosi, keterampilan melalui symbol kata, gambar, angka, grafik,dll..
Komunikasi tidak akan musnah atau mati karena dari kita bangun tidur sampai terlelap tidur lagi kita pasti melakukan komunikasi baik secara verbal maupun secara non verbal.
Komunikasi itu gampang – gampang susah karena ada :
1.     Perbedaan presepsi
2.    Latar budaya yang berbeda
3.    Tujuan yang berbeda, dan
4.    Bahasa yang berbeda.
Komunikasi itu bagaimana kita mengucapkan dengan kata – kata kepada orang lain. Supaya Orang yang di ajak bicara dapat mengerti dan memahami apa yang kita sampaikan.
UNSUR – UNSUR KOMUNIKASI :
1.     Komunikator  :orang yang menyampaikan pesan / informasi
2.    Pesan              : hal / materi yang disampaikan oleh komunikator.
3.    Komunikan      : penerima pesan dari sumber.
4.    Media              : alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
5.    Dampak          : pemahan pesan diantara pihak yang berkomunikasi.
Presentasi adalah sebuah kegiatan berkomunikasi didepan orang banyak untuk memberikan informasi yang benar dan akurat kepada penerima pesan.
Presentasi akan terasa sulit saat mengalami perbedaan presepsi. Supaya presepsi nara sumber dengan penerima pesan dapat disamakan biasanya melakukan sesuatu dengan cara :
ü  Empati        : ikut merasakan apa yang dirasakan
ü  Proximity   : mendapatkan diri secara fisik dan social psikologisnya.
ü  Familiarty  : mendekatkan diri dengan cara kekerabatan.
ü  Pedundacy : pengulangan penyampaian pesan.
Keempat itulah strategi pembicara /presenter/ nara sumber menyamakan presepsi dengan oranng yang ada disekitarnya.
Presepsi itu sendiri adalah tuntutan kegiatan menyeleksi, mengorganisir dan kemudian menginterpretasikan sebuah subjek.
Komunikator yang baik itu yang memiliki kredibilitas tinggi yang dapat dilihat dari 3 aspek yaitu : kemampuan yang dimiliki, expertise dan pengalaman dalam presentasi. Kredibilitas seorang presenter dibangun dari pengalaman dan jam terbang. Tentu saja seorang komunikator itu menyampaikan pesan yang benar, akurat, tepat, jelas dan menarik. Komunikator juga akan melakukan persiapan dan latihan. Mereka juga memperhatikan gaya bahasa yang akan disampaikan kepada khalayak.
Gaya bahasa digunakan untuk mkendapatkan efek positif dari penerima pesan, memperoleh perhatian yang lebih, dan penerima dapat dengan mudah menerima apa yang komunikator sampaikan.
Pesan  persuasi yang disampaikan komunikateo harus menghasilkan  daya tarik rasional, daya tarik emosional, daya tarik takut, daya tarik ganjaran dan daya tarik motivasional.
Dalam mempresentasikan Sesuatu, presenter harus mengikuti alur presentasi yang benar yaitu :
1.     Jalan masuk ( pendahuluan ) :
a.            Sakam pembuka
b.            Perkenalan (nama, dari instansi mana, jabatan, tujuan dan manfaat)
c.            First impression ( kesan pertama )
2.    Bagan (isi ) :
a.            Gagasan utama yang didukung oleh sub-sub gagasan
b.            Harus bias memberikab pemahaman/penyampaian informasi
c.      Penekanan pada point-point penting
d.      Memberikan ilustrasi/humor
3.    Jalan keluar ( penutupan ) :
·            Kesimpulan : mengucapkan kembali informasai dari awal hingga akhir tetapi dengan bahasanya sendiri dan di perpendek.
Agar presentasi berjalan dengan lancar presenter harus menggunakan alat bantu. Media inilah yang membantu presenter lebih mudah menyampaikan pesan.
Alasan mengapa harus menggunakan media bantu karena :
1.     Membantu mengingatkan dalam penyampaian pesan
2.    Lebih menarik, tidak monoton dan penuh variasi
3.    Mudah mengembangkan gagasan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar